17/09/11

Pasangan Bertengkar Lebih Bahagia..?


Beberapa pasangan hampir tidak pernah konfilk, sementara beberapa pasangan yang lain sering terlibat konfik, tidak bahagiakah mereka yang sering konflik...? 

Dikutip dari WebMD, sebuah penelitian membuktikan pasangan yang sering bertengkar justru sangat bahagia dengan pernikahannya. Ada 14% pasangan yang mengalami hal tersebut.

Penelitian itu dibuat oleh Kamp Dush dan koleganya dari Pennsylvania State University, Amerika Serikat. Penelitian yang melibatkan 2.033 pasangan itu dipublikasikan dalam Journal of Family Issues.

Responden yang menjadi penelitian tersebut berusia 55 tahun dan lebih muda. Setidaknya 1000 pasangan diteliti selama 20 tahun, sejak 1980 sampai 2000.

Dalam penelitian tersebut, responden diwawancara melalui telepon dan diminta menjawab berbagai pertanyaan. Pertanyaan yang ditanyakan di antaranya, seberapa sering mereka bertengkar dengan pasangan, bagaimana kualitas dan kebahagiaan pernikahan mereka, bagaimana pasangan mengatasi pekerjaan rumah tangga dan bagaimana mereka melakukan pengambilan keputusan.

Setelah diteliti terungkap, ada 23% pasangan yang pernikahannya sering diwarnai pertengkaran. "14% dari responden merupakan pasangan dengan tinggi konflik tapi juga sangat bahagia dengan pernikahannya," jelas Kamp Dush.

Sayangnya dari penelitian itu tidak diketahui apa yang membuat pasangan tinggi konflik itu tetap sangat bahagia dengan pernikahannya. "Bisa jadi mereka sering bertengkar, tapi mereka juga suka melakukan make-up sex (seks setelah bertengkar)," tutur Dush lagi.

Dari penelitian tersebut juga terungkap, sebagian besar pasangan, 60%, level konfliknya adalah sedang. Hanya 17% pasangan yang level konfliknya rendah. Sementara untuk tingkat kebahagiaan, 38% pasangan mengaku sangat bahagia dengan pernikahan mereka, 41% pasangan biasa saja dan 21% pasangan merasa tidak terlalu bahagia.

Tingkat kebahagiaan dan kepuasaan pasangan pada pernikahan mereka itu dipengaruhi oleh beberapa hal. Misalnya, pasangan yang jarang bertengkar selalu berdiskusi dalam melakukan pengambilan keputusan. Pasangan yang percaya akan keutuhan sebuah pernikahan dan religius, pernikahannya jarang diwarnai pertengkaran dan sangat bahagia.

Pasangan yang prianya mau membantu pekerjaan rumah tangga juga memiliki tingkat kebahagiaan yang tinggi pada pernikahannya. Pasangan tersebut juga jarang bertengkar.

terkadang kita pun butuh 'bumbu' dalam hubungan dengan pasangan, kalau terlalu hambar bisa terjadi sesuatu seperti bisa dilihat  Disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Masa sih cuma baca2 dooang..Kasih Komen lho.....hehe...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Artikel Menarik lain