10/08/11

Buka dan Sahur, Kesempatan Makan Bersama Keluarga


Makan bersama saat waktu sahur dan berbuka adalah Kesempatan emas bagi kita untuk merekatkan kembali keharmonisan keluarga.

Hayo, masih ingat tidak kapan terakhir kali  duduk bersama seluruh anggota keluarga di meja makan? Bagi masyarakat perkotaan dengan segala kesibukannya, mencari waktu untuk santap malam bersama keluarga di rumah menjadi sesuatu hal yang langka.

Padahal menurut Janet Peterson, penulis buku Remedies For The ‘I Don’t Cook Syndrome’, rutin makan malam bersama keluarga akan memberikan kita tak hanya sekadar nutrisi yang baik, tapi juga akan mempersilahkan anggota keluarga untuk bisa berbagi cerita, rileks, tertawa, membahas isu sosial, hingga memperat hubungan kekeluargaan.

Selain menjalin Komunikasi antara anggota keluarga agar lebih harmonis, ada manfaat lain lho makan bersama, apa saja itu...?

1. Menghemat pengeluaran. Selain mendekatkan hubungan antar anggota keluarga, menikmati makanan bersama keluarga di rumah bisa memangkas pengeluaran dompet kita secara signifikan, Asyik kan....?

2. Makanan rumahan lebih sehat. Kebanyakan ‘jajanan’ luar sangat tinggi akan kandungan gula dan lemak. Sedangkan memasak sendiri di rumah akan membuat kita memilih bahan-bahan makanan sehat yang disesuaikan dengan kebutuhan keluarga kita, kita pasti akan memberikan yang terbaik untuk keluarga bukan?.

3. Mengajarkan pola hidup sehat. Berdasarkan studi dari Rockford Clinic, anak preschool yang biasa makan bersama keluarganya memiliki kemampuan berbahasa yang lebih baik. Kebiasaan sehat ini akan mengajarkan apa itu komunikasi yang baik, seperti mendengar, bersabar dan mengemukakan pendapat dengan cara yang benar.

4. Membantu anak menghargai tradisi. Bersantap bersama di meja makan akan membentuk dan memberikan pemahaman mengenainya pentingnya warisan budaya, jelas Katherine Carson, profesor ilmu makanan di Pennsylvania State College. mari kita tanamkan hal ini sejak kecil

Setelah melihat manfaat dari makan bersama keluarga. Mari manfaatkan bulan penuh berkah ini sebagai alat untuk mempererat keintiman bersama keluarga, dengan cara :

Jadikan acara makan sahur dan berbuka bersama di rumah sebagai prioritas.Tidak ada lembur. Tidak ada janji dengan teman, atau alasan lain. Pastikan waktu sahur dan berbuka milik keluarga kita.

Lakukan persiapan sebelumnya. Untuk para ibu, tidak perlu menghabiskan berjam-jam di dapur. Buatlah rencana terlebih dahulu, seperti menu apa yang akan dimasak, bahan-bahan apa yang bisa dipersiapkan terlebih dahulu. Sehingga saat tiba sahur dan berbuka, anggota keluarga kita tidak menunggu terlalu lama dan kita bisa menghabiskan waktu bersama lebih lama.

Pilih menu yang simpel. Memasak menu yang sulit tidak akan mempengaruhi kualitas waktu kebersamaan dengan keluarga. Untuk menghemat waktu dan tenaga, pilihlah menu yang sederhana dan mudah untuk dipersiapkan. Jika ingin membuat menu yang spesial, boleh saja. Tapi, masak menu itu saat kita memiliki waktu yang cukup saja.

Ajak anggota keluarga untuk berpartisipasi. Membiarkan si kecil untuk membantu dalam mempersiapkan menu hidangan, akan mengajarkan mereka menghargai proses dan pentingnya makan bersama keluarga.

Hilangkan segala gangguan, seperti televisi, Blackberry, dan perangkat elektronik lainnya. Buat waktu sahur dan berbuka sebagai acara yang istimewa. Hadirkan suasana yang menyenangkan dengan bersenda gurai atau mengajarkan nilai-nilai agama melalui cerita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Masa sih cuma baca2 dooang..Kasih Komen lho.....hehe...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Artikel Menarik lain