17/08/11

Bahaya Penggunaan Timbangan Badan


Rutin mengecek berat badan tiap hari? suka menimbang badan setiap habis makan? Hmm kelihatannya kegiatan yang sepele dan remeh, tapi ternyata ada efeknya lho, penulis aja juga baru tahu, apa saja pengaruhnya..? Baca sekilas artikel kami ya 

Timbangan Membunuh Mood Bahagia

Berdasarkan survey seperti dilansir Self, beberapa wanita dibagi dalam dua kelompok, kelompok bahagia dan kelompok tidak bahagia. Mereka semua diminta untuk menimbang berat badan mereka. 30% dari wanita yang bahagia mengatakan bahwa mereka merasa termotivasi untuk tetap menjaga kesehatan setelah menimbang berat badan, misalnya melakukan olahraga, memilih makanan sehat dan kebiasaan sehat lainnya. Sedangkan pada kelompok wanita yang tidak bahagia, hanya 11% yang termotivasi untuk melakukan hal yang sama.

Selain itu, berkaitan dengan stres dan mood, sebuah hasil mengejutkan didapatkan dari kedua kelompok wanita tersebut. 39% dari wanita yang tidak bahagia merasa buruk dan bad mood setelah menimbang badan. Sedangkan 7% wanita pada kelompok bahagia merasakan hal yang sama. Dengan demikian, maka menimbang badan dapat menjadi pemicu stres, baik pada saat Anda merasa bahagia, terlebih lagi pada saat Anda sedang dalam kondisi tidak bahagia.

Stres Akibat Menimbang Badan Harus Diatasi

Tentunya yang menjadi pemicu dari stres tersebut bukan kegiatan menimbang berat badan, tetapi pada angka hasil dari menimbang badan. Biasanya para wanita akan stres jika mendapati angka timbangannya naik atau tetap (padahal sedang menjalankan program penurunan berat badan dengan diet ketat dan olahraga). Angka berat badan adalah salah satu dari sekian banyak hal sensitif yang bisa membuat seorang wanita langsung kehilangan mood, sehingga wajar jika Anda mengalaminya, Anda tidak sendirian.

Lalu bagaimana mengatasinya? Pada saat seperti itu, Anda pasti akan menolak untuk makan cokelat atau makanan penghilang stres lainnya. Akan lebih baik jika Anda mengusir stres tersebut dengan olahraga atau kegiatan bergerak lainnya, tetapi jika Anda terlalu bad mood untuk melakukannya, ada cara lain untuk segera mengusir perasaan bersalah dan stres akibat fakta pada angka timbangan Anda tidak berada pada angka yang seharusnya. Jika kondisi itu tidak diatasi, ada kemungkinan Anda akan melampiaskan stres itu pada makanan yang akan semakin memperparah kondisi Anda. 

Cintai Tubuh Anda

Daripada Anda menimbang berat badan hanya sekali dalam sebulan, ada baiknya Anda melakukan berkala, setidaknya seminggu sekali. Dengan begitu, Anda tidak akan menemukan lonjakan angka yang terlalu besar. Sekalipun angka timbangan bukan faktor utama untuk tampil menawan, tidak seharusnya Anda menyalahkan diri sendiri. Anda harus melihat kembali apa yang telah menyebabkan tubuh Anda naik/tidak kunjung turun. Ini bisa menjadi motivasi untuk mengembalikan angka timbangan pada angka ideal.

Apakah Anda sudah tidur dengan teratur dan berkualitas? Apakah Anda baru mengalami serangan makan tak terkendali karena stres dengan pekerjaan? Atau apakah Anda sudah olahraga tetapi berat badan tidak kunjung turun? Hal-hal itu bisa menjadi penyebab kenaikan berat badan Anda. Bisa jadi otot Anda terbentuk saat olahraga, tubuh lebih kencang sekalipun angka timbangan tetap. Karena itu, jangan terburu-buru menyalahkan diri Anda dan stres karenanya. Selalu jaga kesehatan tubuh Anda dengan tidak mengabaikan kesehatan mental Anda

2 komentar:

  1. wah setuju kita harus menimbang berat badan secara berkala

    BalasHapus
  2. @floor: iya, secukupnya saja ya...

    BalasHapus

Masa sih cuma baca2 dooang..Kasih Komen lho.....hehe...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Artikel Menarik lain