22/05/11

Khawatir Cokelat mempengaruhi Program Diet..? Baca ini dulu.....

Cinta mati dengan coklat tapi takut gemuk lantas menghindar? Hentikan sikap ala pungguk merindukan bulan karena cinta anda bukan cinta buta. Coklat, terutama jenis coklat gelap atau yang berasa pahit manis, sangat kaya flavonoid.

Apakah flavonoids? itu adalah jenis antioksidan yang melindungi jantung anda dengan mencegah keping-keping lemak (platelets) menempel satu sama lain dan membentuk gumpalan yang menyumbat. Kondisi pembuluh darah jantung penuh sumbatan lemak itulah yang kerap mengakibatkan serangan jantung.

Namun kini, bukan sekedar coklat, susu coklat pun baik untuk kesehatan. Untuk rinciannya, satu pak batang coklat 42 gram misal mengandung antioksidan tinggi seperti halnya 141 gram Anggur Merah. Tentu saja coklat pilihan lebih baik karena halal.

Kabar baik lain, 42 gram coklat batangan hanya membebani sekitar 234 kalori, alias masih sepuluh persen dari total kalori yang dibutuhkan sebagian besar wanita dalam satu hari penuh.

Tambahan manfaat lain, coklat juga memiliki efek stimulan produksi endorfin, kelenjar mengandung serotonin yang befungsi sebagai antidepresan. Beberapa individu  mengisahkan bagaimana mengonsumsi coklat teratur membantunya melenyapkan rasa nyeri saat mensturasi. Mesti belum diketahui pasti kandungan apa dalam coklat yang berfungsi sebagai 'penghilang nyeri' selama periode tersebut.

Demi memenuhi godaan sehat coklat, terutama bagi anda yang tidak tahan tak ngemil coklat saban hari tapi takut gemuk, batasi sekitar 100 kalori perhari. Itu kira-kira sejumlah empat butir coklat keluaran Hershey's Kisses atau empat balok coklat dari merek yang sama.

Agar nanti tak muncul perasaan bersalah gara-gara mengudap coklat terlalu banyak, pilihlah coklat-coklat mini dengan kemasan individu atau batangan coklat mungil.

Cara lain, lelehkan coklat anda dan campurkan dengan rasa lain, seperti pepermint atau buah. Celup strawbery anda dalam sirup coklat atau percikkan coklat leleh anda pada jenis buah apa pun yang anda suka.

"Bahkan ketika saya mengalami PMS, saya masih bisa terpuaskan dengan 100 kalori coklat yang nikmat jika saya batasi dalam kemasan mini," ujar jurubicara Asosiasi Pakar Diet Amerika, Althea Zanecosky, RD. "Yang penting saya tahu besok adalah hari lain dan saya bisa mengudap lagi."



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Masa sih cuma baca2 dooang..Kasih Komen lho.....hehe...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Artikel Menarik lain