20/08/11

Urat Kecetit/syaraf terjepit tidak harus dioperasi


Kita terkadang merasakan adanya rasa nyeri di bagian tulang belakang, terutama saat mengangkat beban berat, atau bisa juga saat seusai duduk lama. beberapa kali kita menganggap itu karena kecapekan.

Padahal sejatinya masalah yang terjadi pada tulang terlebih bagian belakang sebenarnya bukanlah masalah sepele. Nyeri tulang belakang adalah nyeri pada bagian belakang setinggi pinggang. Nyeri itu dapat menjalar maupun terlokalisir.

Penyebab nyeri itu dapat diakibatkan adanya gangguan pada struktur tulangnya, bantalan tulang atau otot-otot yang terlibat dalam menunjang tulang belakang itu sendiri atau akibat gangguan kejiwaan berupa psikosomatik.

Angka kejadian nyeri pinggang ini makin meningkat seiring dengan kemajuan industri di suatu negara atau perubahan pola aktifitas masyarakatnya. Penderita kelainan ini paling banyak pada usia produktif antara 20-45 tahun.

Hal ini sangat mengganggu produktifitas penderita maupun perusahaan yang mempekerjakannya. Penyebab hal itu akibat prolapsnya bantalan tulang belakang. Pada laki-laki lebih banyak dibandingkan dengan wanita, hal ini mungkin diakibatkan laki-laki lebih banyak beban kerja yang beresiko.

Dokter Spesialis Rehabilitasi Medik Peni Kusumastuti, SpRM, menjelaskan, permasalahan tulang belakang adalah suatu hal yang rumit.

"Tulang belakang terdiri dari struktur yang kompleks, yaitu terdiri dari tulang belakang itu sendiri, jaringan bantalan, otot jaringan ikat, persendian, dan syaraf," kata Peni.

Peni menambahkan, kalau salah satu struktur rusak maka struktur lain akan ikut terganggu. Jika ada bantalan yang rusak atau sakit, akan memengaruhi sistem persendian. Tulang belakang atas dan tulang belakang bagian bawah akan menekan bantalan tersebut dan menyebabkannya tidak stabil.

Jika keadaan tersebut terus dibiarkan, lama-kelamaan akan terjadi pengapuran pada tulang belakang.

"Belum lagi kalau ada syaraf yang terjepit, permasalahannya akan semakin akut. Rasa sakitnya bukan dapat terjadi pada bagian tulang belakang, bisa juga dirasakan pada ujung kaki," tambah dia.

Jika hal terus dibiarkan, lanjut dia, produktivitas seseorang dapat terganggu. "Rasa nyeri pada tulang belakang dapat menganggu seseorang dalam bekerja dan berdampak pada perusahaan juga," kata Peni.

Masalah nyeri tulang belakang adalah hal rumit, untuk mengatasi permasalahan itu memerlukan penatalaksanaan yang tepat.

"Kita tidak bisa langsung memutuskan cara penanganan dalam waktu yang singkat, dan memerlukan tim terpadu yang terdiri dari multidisiplin ilmu untuk menentukan penyebab dan penanganan yang tepat," terang Peni.

Tak selalu operasi

Sementara itu, Spesialis Bedah Saraf dari SW Rehabilitation Center , Jakarta, Dr.0Agus Yunianto, Sp.BS menjelaskan untuk mengatasi nyeri dilakukan pain management, yaitu tindakan untuk mencari sedetail mungkin sumber nyeri dan dilakukan tindakan yang tepat untuk mengatasi nyeri tersebut.

Selama ini, ada anggapan atau ketakutan di masyarakat bahwa nyeri karena saraf terjepit pasti harus dioperasi yang bisa melumpuhkan.

“Itu salah. Dengan pain management, nyeri dikelola supaya hilang atau bisa dikurangi, tidak harus dengan operasi,” jelas Agus lagi.

Bahkan, 80% pasien dengan nyeri di tulang belakang (leher, punggung sampai pinggang) bisa sembuh tanpa operasi.

Ini karena sebagian besar nyeri dikarenakan penyakit degeneratif biasa. Mungkin hanya dengan mengubah sikap atau kebiasaan, seperti kebiasaan duduk atau posisi tidur yang salah.

Bisa juga karena overweight, sehingga secara gravitasi tulang belakang menahan beban tubuh yang lebih berat. Kebiasaan lain seperti merokok juga bisa membuat tulang keropos, begitu juga olahraga yang salah

5 komentar:

  1. TQ infonya, bermanfaat banget buat saya yang sedang sakit tsb, dan dpt byk masukan ttg harus operasi dsb. Bgmna dg nyeri di lutut - paha - pinggul. apakah bisa diatasi dengan tips tsb di atas ? apakah itu normal u/ proses kesembuhan setelah pernah kecetit ? sudah berlangsung 2 minggu ini. TQ.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau keluhannya seperti itu mungkin perlu dilihat dulu hasil laborat bagaimana? terutama asam urat dengan Glukosa darah acak, karena bia saja ternyata dari situ....

      Hapus
  2. saya sdh hmpir 3 thn...kecetit..sprti itu...sbtlnya sakit ga setiap saat..hanya pd posisi tertentu saja sakit (nyeri)..dan tdk terlalu sakit juga sih..tp mengganggu...
    kira2 sebulan yg lalu sy ke rehab medic di rsu malang..dapat terapi di sinar dan di setrum dan terapi pisik..sperti kaki di tarik ke dada..dll dan di berikan resep untuk penghilang nyeri dan pelentur saraf..tp sayangnya saya sendiri tidak bisa disiplin rutin..
    nah..menurut taman dewi..apa pengobatan/ terapi yg sy lakukan ini bnyk manfaatnya?..(harapan saya sih bnyk manfaatnya da berharap cepet sembuh) dan tingkat keberhasilannya brp persen ya? dan kira2 samapi berapa bulan ya..?
    terimakasih..
    bambangdt

    BalasHapus
  3. Klo nyeri dbagian tulang punggung sbelah kiri ini bgaimna cara pnyembuhannya ya,,?mohon infonya,soalnya saya sudah hmpir 1bln mrasakan nyeri ini n sudah sya pjit 2X tp nyerinya msh terasa bahkan kadang makin parah.

    BalasHapus
  4. Saya sdh hampir 2 tahun merasakan sakit dibagian tulang belakang dan pinggang serta ngilu pada paha saya, bahkan sdh 2 minggu terakhir ini saya sangat sulit bergarak apa lagi pd saat bangkit saat saya tidur, mohon solusi bagaimana cara mendeteksi secara kasat mata apa kah Чğ saya derita termasuk urat syaraf terjepit atau apa? Krn

    BalasHapus

Masa sih cuma baca2 dooang..Kasih Komen lho.....hehe...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Artikel Menarik lain