28/05/11

Bergosip Menyehatkan bagi Perempuan

Hasil penelitian menunjukkan perempuan lebih bahagia dan sehat karena kebiasaan ngobrol dan bergosip mengenai berbagai hal yang menyenangkan. Aktivitas kumpul bareng teman perempuan, dan terbawa dalam obrolan hangat dan santai, meningkatkan level hormon progesteron. Artinya, dengan meningkatnya hormon ini, level kecemasan dan stres perempuan berkurang.

Peneliti dari Universitas Michigan, menjelaskan hormon progestetron memainkan peranan penting bagi perempuan. Terutama dalam ikatan sosial dan mendorong perempuan lebih bersemangat membantu orang lain yang berada dalam masalah, meski menimbulkan risiko bagi dirinya.

"Level hormon progesteron yang tinggi mendorong keterikatan emosi dan rasa ingin menolong, yang juga mengarah pada berkurangnya kadar stres dan kecemasan," kata Profesor Stephanie Brown, peneliti yang memimpin studi ini.

Tak hanya itu, meningkatnya hormon progesteron bermanfaat untuk kehamilan, mencegah infeksi dan mengurangi produksi oestrogen yang bisa memicu risiko kanker.

Penelitian terdahulu yang dipublikasikan di jurnal Hormon dan Perilaku, juga menyebutkan bahwa kebiasaan gosip dan mengobrol dapat menstimulasi produksi hormon progesteron.

Penelitian ini melibatkan 160 pelajar perempuan dengan mengambil sampel liur mereka untuk mengetes level progesteron. Caranya, selama 20 menit setengah dari responden ini diminta untuk mengobrol berpasangan tentang berbagai hal seputar pribadi, seperti pencapaian diri atau hal lain yang menyenangkan. Setengahnya lagi diminta melakukan pekerjaan serius, yakni berdiskusi untuk mengoreksi hasil penelitian seputar botani.

Hasilnya, perempuan yang menikmati waktunya dengan mengobrol santai mengalami peningkatan hormon progesteron. Sedangkan mereka yang terlibat dalam pembicaraan serius mengalami penurunan hormon progesteron.

Menurut Brown, ada keterkaitan antara mekanisme biologis dengan perilaku sosial manusia. Karena itulah, tambahnya, seseorang yang menjalani hubungan dekat dengan orang lain lebih merasa bahagia, sehat, dan panjang umur dibandingkan mereka yang terisolasi dengan dunianya sendirian.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Masa sih cuma baca2 dooang..Kasih Komen lho.....hehe...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Artikel Menarik lain