23/08/11

Wanita Jadi Gemuk Setelah Menikah, Pria Jadi Gemuk Setelah Perceraian


Adanya Perceraian pasti karena sebelumnya ada pernikahan. jadi keduanya memang berhubungan. tetapi keduanya membawa hal yang berbeda pada berat badan wanita dan pria . Perempuan akan bertambah gemuk setelah ia menikah, sedangkan laki-laki setelah ia bercerai.

"Perceraian untuk pria dan pernikahan bagi perempuan mendukung pertambahan berat badan yang mungkin cukup berisiko bagi kesehatan," ujar Dmitry Tumin, penulis utama penelitian dan doktor bidang sosiologi di Ohio State University, seperti dilansir medicalnewstoday, Selasa (23/8/2011).

Hasil penelitian Tumin dengan rekannya Zhenchao Qian, profesor sosiologi di Ohio State University telah dipresentasikan dalam pertemuan tahunan Asosiasi Sosiologi Amerika di Los Angeles pada 22 Agustus 2011.

"Perempuan yang sudah menikah sering memiliki peran yang lebih besar di sekitar rumah daripada laki-laki, mereka memiliki sedikit waktu untuk berolahraga dan tetap bugar dibanding perempuan sama yang tidak menikah," kata Qian.

Sementara itu di sisi lain, penelitian menunjukkan bahwa pria yang menikah mendapatkan manfaat kesehatan dari pernikahan dan mereka kehilangan manfaatnya begitu bercerai, hal itu dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

Probabilitas kenaikan berat badan menjadi lebih jelas untuk pria dan wanita yang menikah atau bercerai setelah usia 30 tahun dan perubahan akan semakin terlihat nyata seiring orang bertambah tua.

"Ketika beranjak tua, Anda memiliki perubahan mendadak dalam hidup. Pernikahan atau perceraian adalah kejutan yang Anda anggap lebih besar daripada ketika Anda masih muda, dan benar-benar dapat mempengaruhi berat badan Anda," ujar Tumin.

Dalam studi ini Tumin dan Qian menggunakan data dari 10.071 orang yang disurvei pada tahun 1986-2008. Partisipan akan diamati berat badannya dalam 2 tahun pernikahan atau perceraian. Survei yang dilakukan meliputi Body Mass Index (BMI) yang mengukur kesehatan umum dari perbandingan berat badan dengan tinggi badan secara relatif.

Faktor lain yang turut mempengaruhi berat badan juga diamati seperti kehamilan, kemiskinan, kondisi sosial ekonomi serta pendidikannya. Dan diketahui perempuan akan mengalami kenaikan berat badan setelah menikah, sedangkan laki-laki terjadi setelah perceraian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Masa sih cuma baca2 dooang..Kasih Komen lho.....hehe...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Artikel Menarik lain