06/05/12

Tampil Menarik di Foto, dengan Sisi Kiri Wajah


Cobalah foto diri Anda dengan menampilkan sisi kiri wajah. Sebuah studi psikologi baru-baru ini mengungkap bahwa sisi kiri wajah adalah sisi terbaik semua orang. 

Baik pria maupun wanita, menurut penelitian tim dari Universitas Wake Forest, akan terlihat lebih menarik jika menampilkan  sisi kiri wajah mereka pada foto. Untuk melakukan studi ini, seperti dilansir dari  Psychology Today, Dr. James Schirillo dan rekannya, Kalsey Blackburn menggunakan 10 foto pria dan wanita. 

Lalu, mereka melakukan olah digital untuk membuat foto hitam dan putih. Mereka pun membuat seri kedua dari 10 foto tersebut dengan menggunakan efek mirroring sehingga sisi kanan akan nampak sebagai sisi kiri wajah, begitu pula sebaliknya.

Setelah itu, mereka meminta 37 mahasiswa dan mahasiswi untuk menilai kecantikan dari seluruh foto. Hasilnya, seperti yang tercantum pada jurnal Experimental Brain Research, mayoritas menunjukkan bahwa sisi kiri wajah lebih menarik dibandingkan sisi kanan wajah objek foto.

Hasil ini didapatkan tanpa melihat kenyataan bahwa sisi kiri pada foto adalah asli ataupun hasil olah digital. Para responden tetap melihat sisi kiri wajah sebagai sisi terbaik dari objek foto tersebut.

Selain menggunakan penilaian para responden, para peneliti juga menganalisa ukuran pupil pada objek. Itu karena, foto akan lebih menarik ketika pupil mata terlihat membesar. Pada foto terlihat, kalau pupil pada objek membesar ketika mengambil foto dari sisi kiri wajah, dibandingkan mengambil foto dari sisi kanan wajah.

Menurut Blackburn dan Schirilo, sisi kiri wajah menjadi sisi paling menarik karena pipi kiri manusia cenderung memancarkan lebih banyak emosi, sehingga terlihat lebih cantik. Mereka berspekulasi bahwa sisi kiri terlihat lebih menarik karena diatur oleh otak bagian kanan yang berfungsi mengontrol emosi.

Cobalah perhatikan, sisi wajah mana menurut Anda yang paling menarik? Benarkah foto bagian kiri wajah terlihat lebih cantik?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Masa sih cuma baca2 dooang..Kasih Komen lho.....hehe...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Artikel Menarik lain